7 Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegah Ini

Penyakit asam lambung sering didengar oleh masyarakat. Sebuah penderitaan orang dari asam lambung umumnya akan merasa sakit perut atau mulas untuk membakar (heartburn).


Dilansir dari drzuhdy.com, penyakit asam lambung atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah munculnya mulas akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala asam lambung biasanya muncul setidaknya 2 kali seminggu.

Adapun Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegah Ini

Halodoc dan dirangkum dari berbagai sumber, penyebab berikut asam lambung naik penting.
1. Umur
Umur adalah salah satu faktor yang menyebabkan asam lambung naik. Hal ini karena saat kita beranjak tua, semakin tinggi risiko refluks asam.

Hal ini karena tubuh tidak bisa lagi memproduksi kadar asam seimbang. Oleh karena itu, memperhatikan diet dan faktor-faktor yang menyebabkan asam lambung antisipasi.

2. merokok
Merokok dapat menjadi salah satu faktor refluks asam. Hal ini karena, merokok dapat mengganggu fungsi LES. Tidak hanya itu, merokok dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air liur yang dapat menetralkan efek asam di mulut.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan bahwa perokok aktif mengurangi atau berhenti merokok. Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung naik.

3. Stres
Dilansir dari Halodoc, mengatakan beberapa ahli bahwa jika stres merupakan salah satu faktor refluks asam. Hal ini karena stres akan merangsang daerah-daerah tertentu dari otak yang dapat meningkatkan kepekaan terhadap rasa sakit, termasuk sakit maag.

Ini menyebabkan seseorang mengalami stres akan lebih sensitif terhadap rasa sakit meskipun tidak begitu peningkatan asam lambung. Selain itu, keadaan stres dapat menurunkan hormon prostaglandin. Bahkan, hormon ini memiliki peran penting, yakni untuk melindungi lapisan perut dari asam lambung.

4. Alkohol, Kafein dan Minuman Mengandung Karbonasi
Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein dan minuman bersoda dapat memicu asam refluks. Mengurangi konsumsi minuman yang dapat mencegah refluks asam.

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan iritasi lambung mengikis sedikit demi sedikit. Akibatnya, sistem pencernaan akan lebih rentan terhadap efek merugikan dari peningkatan produksi asam lambung.

5. Hiatus Hernia
Dilansir dari Doktersehat, hernia hiatus adalah suatu kondisi ketika bagian atas perut dan bergerak LES atas diafragma (otot yang memisahkan perut dari dada). Biasanya diafragma akan membantu asam keep dalam perut.

Tapi jika ada hernia hiatus, asam bisa naik ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan gejala asam lambung naik.

6. Pedas Makanan, berminyak dan berlemak
makanan pedas, berlemak dan makanan berminyak adalah makanan memicu refluks asam. Hal ini karena makanan pedas, berlemak dan makanan berminyak mengandung banyak cabai, minyak dan lemak dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

Cobalah untuk mengurangi atau makanan menghindari memicu peningkatan produksi asam lambung. Hal ini dimaksudkan bahwa produksi asam lambung tidak naik.

7. Kurangnya Magnesium
Dilansir dari Halodoc, rendahnya tingkat magnesium dapat membuat LES tidak berfungsi secara normal. LES adalah otot yang mencegah aliran balik dari makanan dan asam lambung ke kerongkongan.

Rendahnya tingkat magnesium dapat mempengaruhi LES. Tidak hanya itu, setiap vitamin dan kekurangan mineral juga dapat mengganggu keseimbangan asam lambung.

Simak tips asam lambung naik lainnya di sini

Sumber:

Belum ada Komentar untuk "7 Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel