Penyakit Otomikosis Pada Telinga

Otomikosis: Yang Perlu Anda Ketahui


Otomikosis adalah infeksi jamur yang menyerang satu, atau kadang-kadang keduanya, telinga.

Ini sebagian besar mempengaruhi orang-orang yang tinggal di daerah hangat atau tropis. Ini juga sering mempengaruhi orang yang sering berenang, hidup dengan diabetes, atau memiliki kondisi medis dan kulit kronis lainnya.

Ada beberapa pilihan perawatan untuk otomikosis, tetapi bisa menjadi kronis.

Gejala otomikosis

Gejala-gejala berikut adalah umum untuk otomikosis:
  • rasa sakit
  • gatal
  • peradangan
  • pembengkakan
  • kemerahan
  • kulit terkelupas
  • berdenging di telinga
  • perasaan penuh di telinga
  • keluarnya cairan dari telinga
  • masalah pendengaran

Keputihan dari telinga adalah salah satu gejala yang paling umum dan mungkin warna yang berbeda. Anda mungkin melihat cairan putih, kuning, hitam, abu-abu, atau hijau.

Penyebab Otomikosis

Jamur menyebabkan otomikosis. Ada hampir 60 spesies jamur yang mungkin bertanggung jawab atas infeksi ini. Jamur umum termasuk Aspergillus dan Candida. Terkadang bakteri dapat bergabung dengan jamur dan membuat infeksi lebih rumit.

Otomikosis lebih umum di daerah tropis dan hangat karena jamur dapat tumbuh lebih baik di daerah ini. Infeksi ini juga lebih umum selama bulan-bulan musim panas. Jamur membutuhkan kelembaban dan kehangatan untuk tumbuh.

Orang yang berenang di air yang terkontaminasi lebih cenderung terkena otomikosis. Bahkan berenang atau berselancar di air bersih dapat meningkatkan risiko.

Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, trauma atau cedera di telinga, eksim, atau masalah kulit kronis lainnya berisiko lebih tinggi terkena infeksi jenis ini.

Cara diagnosis otomikosis

Temui dokter jika ada rasa sakit dan keputihan di salah satu atau kedua telinga Anda. Anda mungkin memerlukan obat untuk mengobati penyebab dan gejalanya, sehingga diagnosis masalah yang benar diperlukan.

Dokter akan mengumpulkan riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis otomikosis. Mereka mungkin menggunakan otoscope, yang merupakan alat yang digunakan untuk melihat ke dalam telinga di gendang telinga dan saluran telinga.

Mereka mungkin menyeka telinga Anda untuk menjalankan tes laboratorium pada debit, penumpukan, atau cairan. Tes biasanya termasuk melihat organisme di bawah mikroskop.

Baca juga:

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Otomikosis Pada Telinga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel